Sabtu, 24 Desember 2011

Training Guru

Pelatihan ini memberikan suatu tatanan baru dalam cara belajar yang mudah dan menyenangkan dan program ini sudah terbukti berhasil merubah konsep dasar berpikir yang monoton dan statis menjadi kreatif, efektif dan efisien yang telah dilaksanakan di berbagai daerah.

Salah satu keuntungan yang dapat diambil dari pelatihan ini adalah sifatnya yang aplikatif dan mudah untuk dipraktekkan di segala bidang.

Pada masa sulit seperti sekarang ini berjuang menggunakan pemikiran global menjadi sangat penting. Kalau beberapa waktu yang lalu orang mengejar keahlian di suatu bidang, pada saat ini mereka tidak lagi berharapan, kecuali mereka mau melengkapi dirinya dengan pemikiran global atau general. Mengapa terjadi demikian?

Dunia yang makin tidak ramah ini menuntut pemikiran global yang sangat divergen, radian atau lateral. Seseorang yang memiliki wacana global, memiliki fleksibilitas yang tinggi dan spesialisasi yang dimilikinya akan menjadi mata tombak menembus persoalan yang dihadapi. Tampaknya langkah seperti inilah lebih fleksibel dan tepat untuk mengantisipasi segala persoalan masa kini.

Otak merupakan pusat kehidupan kita. Fungsi vital bagi pusat informasi, pikiran informasi, kesadaran dan gerakan-gerakan reflek tak sadar. Beberapa fungsi otak dapat di intervensi secara sadar dengan pelatihan dan pendidikan. Karena itu pengetahuan mengenai otak, cara kerja dan peranannya dalam proses belajar perlu kita ketahui. Dengan demikian strategi pembelajaran menjadi tepat dan lebih berguna.

STRUKTUR OTAK
Penelitian menemukan bahwa struktur otak setiap manusia mempunyai kesamaan. Struktur otak seorang guru dengan seorang murid sama, struktur otak seorang wirausahawan dengan seorang birokrat sama. Bahkan Albert Eisntein memiliki struktur otak yang tidak berbeda dengan struktur otak kebanyakan orang. Kalau demikian siapapun punya kesempatan yang sama untuk menjadi penemu dan pemikir seperti Albert Eisntein.

Seorang pakar syaraf Mc. Lean, mencoba menguraikan otak sebagai OTAK TRIUNE yang saling kait mengkait. Otak Triune terdiri dari :

NEOKORTEKS :
- Penalaran berpikir
- Akal
- Kecerdasan
- Memori jangka panjang

LIMBIK :
- Emosi
- Kesehatan
- Memori jangka pendek
- Irama hidup

REPTILIA :
- Motor sensorik
- Survival
- Naluri berkembang biak

Michael Le Boeuf membagi fungsi otak kiri dan otak kanan sebagai berikut :

Fungsi belahan otak :
  • Otak kiri : Fakta, Kata, Berhitung, Matematis, Sekuensial Analisa, Linear, Logika.
  • Otak kanan : Imajinasi, Pemahaman, Lateral, Acak, Membei arti, Kreatifitas, Seni, Warna, Irama, Musik.

Sistem Limbik/Mamalia mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembelajaran.

Dua Fungsi Utamanya adalah :
  • Memproses informasi dari lingkungan, menganalisa, mempertimbangkan dengan berbagai pengalaman masa lalu kemudian memutuskan suatu tindakan.
  • Pusat ingatan dan informasi, dalam pengaruh emosi memandu sikap menghadapi persoalan.
Strategi pembelajaran sangat dipengaruhi oleh system Limbik/Mamalia yang berada di puncak otak Reptilia ini. Sikap “Yes” or “No” bersumber dari Hypocampus ini.

BIAYA PELATIHAN
Peserta : Para Guru
Biaya : Rp. 1.500.000,-/peserta
Sifat Pelatihan : Inhouse training
Lama Pelatihan : 3 (tiga) hari kerja
Waktu : 09.00 – 15.00 wib

Biaya pelatihan tersebut diatas sudah termasuk :
- Modul Pelatihan
- Tool kit (spidol berwarna, alat tulis)
- Sertifikat Pelatihan
- Konsumsi ( makan siang dan snack 1x )

0 komentar:

Posting Komentar